Profil

Pondok Pesantren Darussalam didirikan sebagai lembaga Pendidikan yang bebas, tidak berpihak pada partai politik apapun dan tidak pula masuk ke salah satu organisasi massa manapun. Sejak awal hingga sekarang, Darussalam berdidri di atas dan untuk semua golongan, demi mengelola pendidikan Islam dengan maksimal. Adapun jenjang pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Darussalam adalah :

  1. PAUD Darussalam
  2. RA/TPA Darussalam
  3. MDT Al-Wadul Muqoddas
  4. SDIT Darul Muqoddas
  5. Darul Aitam
  6. TMI Darussalam

    

Untuk melestarikan dan mempertahankan Darussalam, maka pada tanggal 15 Januari 2009 dibentuklah Badan Wakaf Pondok Pesantren Darussalam dan dikukuhkan langsung oleh Pimpinan Pondok Modern Gontor, DR. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, MA

 

TARBIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH (TMI)

Latar Belakang

  1. Pertimbangan amanat dari Ayahanda Kiyai E. Abdul Mu’thie kita harus merintis pesantren ala Gontor
  2. Para perintis berkeyakinan bahwa sistem KMI Gontor adalah sistem yang paling bagus dan modern serta relevan dengan perkembangan zaman
  3. Bentuk khidmah para pendiri sebagai santri Gontor terhadap almamaternya untuk ikut mewujudkan misi 1000 Gontor sebagai misi Trimurti, maka Darussalam berusaha mengikuti jejak Gontor dari segala aspeknya

 

Maka atas dasar latar belakang tersebut, pada tanggal 9 Desember 1986 didirikanlah Tarbiyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (TMI) untuk Putra dan pada tanggal 20 Mei 1995  untuk Putri

 Visi

Pondok Pesantren Darussalam mempunyai visi sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang mencetak kader-kader pemimpin ummat, menjadi tempat ibadah, serta menjadi sumber ilmu pendidikan Islam, bahasa Al-Qur’an dan ilmu pengetahuan umum dengan tetap berjiwa pesantren.

Misi

  1. Mempersiapkan generasi yang unggul dan berkualitas menuju terbentuknya khoiru ummah.
  2. Mendidik dan mengembangkan generasi mukmin-muslim yang berbudi tinggi, berbadan sehat, berpengetahuan luas, dan berfikiran bebas, serta berkhidmat kepada masyarakat.
  3. Mengajarkan ilmu pengetahuan agama dan umum secara seimbang menuju terbentuknya ulama yang intelek.
  4. Mempersiapkan warga Negara yang berkepribadian Indonesia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

 

ORIENTASI PENDIDIKAN

  1. Hidup sederhana.
  2. Tidak berpartai (perekat ummat, berdiri di atas dan untuk semua golongan).
  3. Ibadah Tholabul Ilmi.

 

FALSAFAH

Falsafah kelembagaan

  1. Pondok Pesantren Darussalam berdiri di atas dan untuk semua golongan.
  2. Pondok adalah lapangan perjuangan, bukan tempat mencari penghidupan.
  3. Pondok itu milik ummat, bukan milik kyai.

Falsafah Kependidikan

  1. Apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dialami santri sehari-hari harus mengandung unsur pendidikan.
  2. Hidup sekali, hiduplah yang berarti.
  3. Berjasalah tapi jangan minta jasa.
  4. Mau dipimpin dan siap memimpin serta patah tumbuh hilang berganti.
  5. Berani hidup tak takut mati, takut mati jangan hidup, takut hidup mati saja.
  6. Seluruh mata pelajaran harus mengandung pendidikan akhlak.
  7. In Uriidu Illal Islah.
  8. Khair an-naas anfa’uhum li an-naas.
  9. Pendidikan itu by doing bukan by lips.
  10. Bondo, bahu, piker, lek perlu sak nyawane pisan.
  11. I’malu fauqa ma’amilu.
  12. Hanya orang yang penting yang tahu arti kepentingan dan hanya pejuang yang tahu arti perjuangan.

 

Falsafah Pembelajaran

  1. Al-Thariqah ahammu min al-maddah, wal al-mudarris ahammu min al-thariqah, waruh al-mudarris ahammu min al-mudarris nafsih.
  2. Pondok memberi kail bukan memberi ikan.
  3. Ujian untuk belajar, bukan belajar untuk ujian.
  4. Ilmu bukan untuk ilmu, tetapi ilmu untuk ibadah dan amal.
  5. Pelajaran di Pondok : Agama 100% dan umum 100%.

 

INPUT

SYARAT-SYARAT PENERIMAAN

Syarat-syarat Dasar

  1. Muslim/Muslimah berusia 12-20 tahun.
  2. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama dalam masa pendidikan.

Syarat-syarat Administratif

  1. Berijazah SD/MI atau sederajat (untuk program reguler).
  2. Berijazah SLTP/MTs atau sederajat (untuk program Intemsif)
  3. Menyerahkan berkas-berkas pendaftaran yang ditetapkan.
  4. Menyerahkan ketentuan-ketentuan pembayaran yang ditetapkan.

Syarat-syarat Moralitas dan Afeksi

  1. Memiliki latar belakang kehidupan pribadi, keluarga dan sosial yang baik.
  2. Siap hidup berdisiplin di dalam pondok dalam suasana damai dan dinamis.
  3. Berniat untuk menyelesaikan studinya sampai tamat kelas VI.

Syarat-syarat Kognisi dan Psikomotor

  1. Bisa melaksanakan ibadah sehari-hari dengan baik dan benar.
  2. Lancar membaca Al-Qur’an dan menulis Arab.
  3. Menguasai dasar-dasar Ulum Islamiyyah (Pengetahuan Agama).
  4. Mengetahui dasar-dasar Matematika dan Bahasa Indonesia.
  5. Menguasai dasar-dasar Ulum ‘Ammah (Pengetahuan umum).

KURIKULUM

MATERI PENDIDIKAN

  1. Keimanan
  2. Keislaman
  3. Akhlak Karimah.
  4. Keilmuan
  5. Kewarganegaraan/kebangsaan.
  6. Kesenian dan Keindahan (Estetika)
  7. Kewiraswastaan dan keterampilan Teknis.
  8. Dakwah dan Kemasyarakatan.
  9. Kepemimpinan dan Manajemen.
  10. Keguruan Pendidikan Kewanitaan.(At-Tarbiyyah An-Nisaiyyah)
  11. Pendidikan Jasmani dan kesehatan.

PROGRAM PENDIDIKAN

Seluruh program pendidikan dikemas dan dilaksanakan secara terpadu dan terprogram selama 24 jam, dalam bentuk Core and Integrated Curriculum, yang sulit untuk dipilah-pilah, namun untuk mempermudah pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi, maka program-program tersebut bisa dikelompokan menjadi :

Intra-kurikuler :

Ulum Islamiyyah

  1. Al-Qur’an
  2. Tajwid
  3. Tafsir
  4. Tarjamah
  5. Hadits
  6. Mustholah Hadits
  7. Fiqih
  8. Usul Fiqih
  9. Fara’idl
  10. Tauhid
  11. Al-Din al –Islami
  12. Tarikh Tasyri’
  13. Ilmu Falak

Ulum Arabiyyah

  1. Imla
  2. Thamrin Lughoh
  3. Insya
  4. Muthala’ah
  5. Nahwu
  6. Shorof
  7. Balaghah
  8. Tarikh Adab al-lugah
  9. Mahfudzat
  10. Khot

Ulum ‘Ammah

  1. Logika
  2. Keguruan/Kependidikan
  3. Bahasa Inggris
  4. Bahasa Indonesia
  5. Kewarganegaraan
  6. Ilmu Pasti
  7. IPA
  8. IPS
  9. Ekonomi

Kutubut Turats/Salafiyah

  1. Tijan Darori
  2. Safinatunnaja
  3. Sulamuttaufiq
  4. Bulughul Maram
  5. Al-Jawahirul Al-Kalamiah
  6. Al-Ajrumiyah
  7. Al-Imrithy
  8. Nadhmul Maqsud
  9. Al-Kailani
  10. Tafsir Jalalain
  11. Al-Jauhar Al-Maknun
  12. Alfiyah
  13. Kifayatul Akhyar
  14. Ta’lim Muta’allim
  15. Riyadlus Sholihin
  16. Uqudullujain

Ko-Kurikuler

Dilaksanakan di luar jam sekolah di bawah bimbingan guru-guru dan santri-santri senior di antaranya :

Ibadah Amaliyah

  1. Shalat
  2. Puasa
  3. Membaca Al-Qur’an
  4. Dzikir, Wirid, Shalawat dan Do’a
  5. Extensive Learning
  6. Pembinaan dan pengembangan 3 bahasa
  7. Belajar Muwajjah (Tutorial) di sore dan malam hari
  8. Pengajian kitab-kitab klasik
  9. Latihan pidato 3 bahasa
  10. Cerdas cermat
  11. Diskusi, seminar, symposium,dan bedah buku.
  12. Tahfidz dan Tahsin Qur’an
  13. Praktek dan Bimbingan
  14. Praktek adab dan santun/etika
  15. Praktek mengajar (keguruan)
  16. Praktek dakwah kemasyarakatan
  17. Praktek Manasik
  18. Praktek pemulasaraan jenazah
  19. Bimbingan dan penyuluhan

Ekstra Kurikuler

Kegiatan ekstra yang telah berjalan adalah seluruh program OPPD dan Gudep, antara lain :

  1. Latihan pidato 3 bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia)
  2. Kursus keterampilan : merangkai janur, letter, handicraft, dekorasi, kaligrafi, menjilid, menjahit,tata rias, tata boga, tata ruang, dll.
  3. Olahraga : sepak bola, bulu tangkis, bola voli, tenis meja, basket, takraw, senam, bela diri, dll.
  4. Berlatih berbahasa Arab dan Inggris : Insya yaumi/composition, majalah dinding, conversation, mufrodat/kosakata.
  5. Kepramukaan
  6. Kursus kesenian : teater, rebana, nasyid, drum band, band, marawis, angklung, calung, hadroh, perkusi, dll.
  7. Kursus Komputer : programming, Applications, video editing, foto editing, installations, dll.
  8. Kursus Otomotif : mobil dan motor
  9. Kursus Elektronik

PROSES TRANSFORMASI

METODE PENDIDIKAN

  1. Mempertahankan cara-cara lama yang baik, dan mengakomodasi cara-cara baru yang lebih baik.
  2. Mengacu kepada Efektifitas, Efesiensi, dan Akselerasi.
  3. Berorientasi pada tujuan transformasi ilmu dengan pengembangan kepribadian
  4. Ditekankan kepada upaya-upaya keteladanan, pembiasaan, pembentukan milieu, nasehat, pengarahan, penugasan, dan pengawasan.

MANAJEMEN

  1. Dilaksanakan secara modern dengan falsafah ikhlas, cerdas dan tangkas.
  2. Meliputi manajemen administrative, operasional, personalia, dan eduktif.
  3. Berorientasi pada upaya pelaksanaan tugas, pencapaian hasil serta pengembangan dan pengamalannya (task and achievement oriented)

KETENAGAAN

Tenaga-tenaga edukatif terdiri dari :

  1. Pimpinan Pesantren dan Direktur TMI (sebagai sentral figur sekaligus moral force bagi seluruh penghuni pondok)
  2. Guru

  Adapun guru–guru TMI Pondok Pesantren Darussalam merupakan tenaga pendidik yang sudah berpengalaman di bidangnya dan kebanyakan dari mereka telah bergelar sarjana serta bersertifikat. Mereka terdiri dari alumni TMI Darussalam, KMI dan ISID/UNIDA Gontor serta lulusan perguruan tinggi ternama dalam dan luar negeri.

Untuk peningkatan kompetensi dan SDM Guru TMI Darussalam mengadakan berbagai pelatihan dengan mendatangkan ahli professional di bidangnya atau mengutus mereka untuk mengikuti workshop, diklat, dan seminar di luar pondok

  1. Santri

Adapun santri yang diperbantukan sebagai tenaga edukatif di TMI adalah santri senior yang memiliki kemampuan untuk membimbing adik-adik kelasnya

DANA DAN SARANA

  1. Diusahakan dengan cara-cara yang halal dan baik
  2. Dipisahkan secara tegas, antara hak milik pribadi dan hak milik pesantren
  3. Mengacu pada jiwa kemandirian dan kesederhanaan
  4. Dikelola dengan manajemen yang modern dan amanah
  5. Tepat disikapi sebagai alat bukan tujuan

Adapun sarana dan prasarana yang dimiliki untuk menunjang pendidikan di TMI Darussalam, diantaranya adalah sarana ruang kelas multimedia, ruang kantor, laboratorium, Balai Latihan Kerja, rumah dinas guru, perpustakaan, lapangan olah raga, dan masjid

LINGKUNGAN

  1. Diciptakan untuk selalu eduktif dan kondusif
  2. Disikapi sebagai salah satu unsur komplementatif bukan suplementatif

SUPERVISI DAN EVALUASI

Supervisi

  1. Waktu :
  • Harian
  • Mingguan
  • Bulanan
  • Semesteran
  • Tahunan

Bentuk :

  • Taftisy I’dad
  • Naqd al-Tadris
  • Ta’hil/Taujih
  • Kontrol koreksi guru
  • Pengarahan terpadu mingguan (kamisan)
  • Rapat-rapat Koordinasi
  1. Evaluasi

Jenis :

  • Ujian masuk
  • Ujian latihan
  • Muraja’ah Ammah/Mid Semester
  • Ujian semester
  • Ujian akhir/Niha’ie

Bentuk :

  • Ujian lisan (syafahi)
  • Ujian tulis (tahriri)
  • Ujian praktek

OUTPUT

Profil Alumni :

  1. Mukmin, Muslim, Muhsin
  2. Komit pada perjuangan
  3. Berjiwa Guru
  4. Warga Negara yang baik

              

Alumni TMI Darussalam mampu melanjutkan studi di berbagai Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, baik di dalam maupun di luar negeri.

Alumni Pondok Pesantren Darussalam juga sudah mulai berkiprah di masyarakat dan mewarnai kehidupan bermasyarakat dengan menjadi mubaligh, pengusaha, Pegawai Negeri Sipil, da`i, Pimpinan Pesantren, Pimpinan Lembaga Pendidikan, Seniman,  Dosen, Polisi dan TNI.

 

LEGALITAS TMI DARUSSALAM

 

Pondok Pesantren Darussalam telah menyelenggarakan pendidikan dengan sistem Tarbiyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (TMI) sejak berdirinya hingga sekarang dan akan tetap dipertahankan.

 

Pengakuan sistem TMI Darussalam di dalam negeri diakui pertama kali oleh Menteri Pendidikan Nasional RI dengan Nomor 25/C/Kep/MN/2005, kemudian diperpanjang pada tahun 2009 oleh Kementerian Agama RI dengan SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 00000000000, kemudian pada tahun 2013 diperpanjang kembali dengan Nomor Dj.I/65/2013, hingga pada tahun 2014 terbit Peraturan Menteri Agama RI Nomor 18 Tahun 2014 tentang Satuan Pendidikan Muadalah pada Pondok Pesantren dan SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 2852 Tahun 2015.

 

  Harta Kekayaan, Sarana-Prasarana yang dimiliki :

  1. Tanah

Tanah yang telah dimiliki Yayasan Pendidikan Islam Darussalam sampai dengan tahun pelajaran 2016 – 2017 adalah sekitar 8 hektar.

      2. Bangunan

  • Lokasi Pesantren Putra
1 Mesjid Jami’ “Fityatul Huda” 1 Lokal
2 Gedung Dohiyah Ali Shobah As Salim (Kantor TMI dan Pengasuhan) 1 lokal
3 Gedung Madrasah Ar rahmah (Ruang Belajar) 12 lokal
4 Gedung Dohiyah Abdullah Mubarak I  II (Asrama Santri) 4 lokal
5 Gedung Indonesia (Asrama Santri) 2 lokal
6 Gedung Dohiyah Shobah As Salim (Lab. Al-Qur’an, Kantor Administrasi, Koperasi Pelajar dan Musytasyar Lughoh) 4 lokal
7 Gedung Yarmuk (Koperasi Warung Pelajar/ kantin dan Kantor Koordinator Panitia) 3 lokal
8 Gedung As Suwaikh (Asrama Santri) 4 lokal
9 Gedung Al Qodisiyyah (Asrama Santri) 2 lokal
10 Gedung Al Faiha (Asrama Santri) 2 lokal
11 Gedung As Sirah I (Kantor OPPD, Asrama Santri) 5 lokal
12 Gedung As Sirah II (Asrama Santri, dan Lab. Komputer) 3 lokal
13 Gedung As Salamiyah (Asrama Santri) 3 lokal
14 Gedung Jabarriyah (Kantor Gugus Depan, Ruang Qismu Tob’i, dan Perpustakaan) 4 lokal
15 Gedung Serba Guna As-Syifa 3 lokal
16 Gedung Koppontren 1 lokal
17 Ruang Makan Santri 1 lokal
18 Dapur Umum 1 lokal
19 Wisma Darussalam/Gedung Firdaus 5 Lokal
20 Grossir / Toko Sembako 1 lokal
21 Ruang Potong Rambut “Al-Hallaq” 1 lokal
22 Ruang Photo Copy 1 lokal
23 Lumbung Padi 1 lokal
24 Gedung Mubarak Al Kabir I (Ruang Belajar) 4 lokal
25 Gedung Mubarak Al Kabir II (Ruang Belajar) 2 lokal
26 Gedung Mubarak Al Kabir III (Ruang Belajar) 3 lokal
27 Gedung Mubarak Al Kabir IV (Ruang Belajar) 3 lokal
28 Midlo’ah / Tempat Wudlu 4 tempat
29 Sarana MCK / Mandi, Kakus 60 Ruang
30 Rumah Pusaka (Kantor Sekretariat Pondok) 1 Lokal
31 Rumah Dinas Guru Putra 9 Lokal
32 Klinik Ar Rahmah 1 lokal
33 Auditorium 1 Lokal

 

  • Lokasi Pesantren Putri :
1 Mesjid “Ar-Rahmah” 1 buah
2 Gedung Madrasah Ar-Rahmah (Ruang Belajar Santriah) 6 lokal
3 Gedung Huuly (Asrama Santriah, Koperasi Warung Pelajar dan Kantin) 3 lokal
4 Gedung Mubarak Al Kabir (Lab. Bahasa, Asrama Santriah, dan Lab. Al-Qur’an) 5 lokal
5 Gedung Khalidiyah  (Rumah Guru, Kantor Gudep, dan Asrama Santriah) 6 lokal
6 Gedung Wafroh (Asrama Santri, kantor OPPD dan Kantor TMI) 5 lokal
7 Gedung Al-Maidah (Perpustakaan, Konveksi, dan Ruang Extra Kuliculer) 3 lokal
8 Gedung Ash Shobahiyah (Asrama Santriah) 4 lokal
9 Gedung Arrohmah (Kantor ADM, Pengasuhan Santriah, Ruang Tamu dan Ruang Tabungan Siswi) 3 lokal
10 Tempat MCK 14 lokal
11 Ruang Makan Santriah 1 lokal
12 Kantor Pimpinan 1 Lokal
13 Rumah Dinas 7 Lokal
14 Gedung Shobahul Ahmad (Asrama Santriah ) 5 Lokal
15 Geedung Al Ahmadi (Asrama Santriah) 3 Lokal
16 Balai Latihan Kerja (BLK) (Lab. Komputer, Lab Menjahit, Lab. Tata Rias, Lab. Tata Boga, Lab. Perhotelan) 5 Lokal
17 Dapur 1 Lokal

 

Lokasi Pesantren Darul Aitam :

1 Mesjid “Baitur Rahmah” 1 buah
2 Asrama Santri 4 lokal
3 Kantor 2 lokal
4 Kantin  2 buah
5 Kamar Guru 5 lokal
6 Ruang Makan 4 tempat
7 Dapur Umum 1 lokal
8 Midlo’ah / tempat wudlu 4 tempat
9 MCK 44 ruang
10 Tempat Jemuran 4 tempat
11 Gedung Yatimat Ar-Rahmah 8 lokal
12 Gedung Pengasuh Yatimat Ar Rahmah / Ruang Makan 2 lokal
13 Gedung Asrama Baituz Zakat 8 lokal
14 Wisma Arrahmah 6 Ruang
15 Gedung Aisyah 6 Lokal
16 Gedung Munaifi 6 Lokal
17 Gedung Farhan 6 Lokal

 

  • Fasilitas Olahraga :
1 Lapangan Sepak Bola 1 buah
2 Lapangan Bola Voli 2 buah
3 Lapangan Tenis Meja 5 buah
4 Lapangan Basket 2 buah
5 Lapangan Badminton 3 buah
6 Lapangan Futsal 1 buah

 

  • Fasilitas Pendidikan dan Keterampilan
1 Laboratorium Al-Qur’an
2 Laboratorium IPA
3 Laboratorium Bahasa
4 Laboratorium Komputer
5 Ruang Multimedia
6 Balai Latihan Kerja (BLK)
7 Perpustakaan
8 Mesin Jahit
9 Peternakan
10 Perikanan
11 Pertanian
12 Perkoperasian
13 Konveksi
14 Tata Boga
15 Tata Rias

 


 

 

  • Fasilitas Kesenian
1 Drum Band
2 Rebana
3 Nasyid
4 Marawis
5 Calung
6 Band
7 Badeng
8 Perkusi
9 Angklung
10 Gamelan

 

Unit Usaha Pesantren

  1. Unit Pertanian Perkebunan
  2. Unit Peternakan
  3. Unit Perdagangan
  4. Unit Percetakan
  5. Unit Jasa Telekomunikasi
  6. Unit Jasa Transportasi