Pondok Pesantren Darussalam Garut Gelar Penyembelihan Hewan Kurban

Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, tak menyurutkan keluarga besar Pondok Pesantren Darussalam Garut Kersamanah untuk melaksanakan kurban Dipimpin langsung oleh K.H. Asep Shalahuddin Mu’thie, BA.

Kegiatan Pada hari Idul Adha diawali dengan Shalat Idul Adha yang dilakukan di dua tempat terpisah antara santri putra dan santri putri. Adapun tempan shalat idul adha putra dilakukan di lapangan basket Pondok Pesantren Darul-Aitam yang dipimpin oleh Ust. H. Dr. Devi Muharrom Shalahudin, Lc, Mud,. Selaku Khatib dan Syeikh Abdurrahman bertindak selaku Imam. Adapun  santri putri Shalat Idul Adha dilakukan di area parkiran depan asrama dan aula serbaguna Darussalam yang dipimpin oleh Ust. H. Asep Deni Fitriansyah, M. Fhil selaku Khatib dan Syeikh Yousef Ali Atha bertindak selaku Imam Shalat.

Panitia Idul Adha Tahun ini Ust. Joko Waluyo, S.Pd.I dan Ust. Jajang Aminuddin, S.Pd.I. menurut data hewan kurban dari panitia. “Alhamdulillah kurban tahun ini sebanyak 11 ekor sapi  dan 26 ekor domba. Adapun proses penyembelihan dilakukan pada hari Jum’at menyembelih 7 sapi dan 21 domba. Sedangkan pada hari Sabtu menyembelih 2 ekor sapi dan 5 ekor domba. Dan pada hari Senin Menyembelih 2 Ekor Sapi.

Setelah selesai proses penyembelihan dan menguliti hingga menurunkan daging, lalu daging tersebut di distribusikan untuk Masyarakat Kersamanah sebanyak 539 Keluarga, Santri/ah 1572 orang dan 220 Asatid/h Pondok Pesantren Darussalam.

Adapun Sumber Dana Hewan Kurban pada tahun ini dipadatkan dari Iuran kurban Santri untuk 4 ekor sapi, sumbangan dari dermawan Negara Kuwait 4 ekor sapi dan 5 ekor domba, dari Dermawan Yaman 2 ekor sapi dan 20 ekor domba. Dan satu ekor sapi titipan dari guru dan masyarakat yang berkurban.

Kegiatan kurban disambut dengan antusias oleh seluruh santri, karna pada hari itu semua santri bisa melaksanakan bakar sate dibawah bimbingan dan arahan Wali Kelas masing-masing dengan tetap melaksanakan semua protokol kesehatan.

 

By. Jejen, S.H.I

 

You May Also Like