Organisasi Pelajar Pesantren Darussalam (OPPD)

ORGANISASI PELAJAR

PESANTREN DARUSSALAM

(OPPD)

 

OPPD PUTRA

Saat ini, OPPD Putra memiliki bagian dengan jumlah pengurus 47 Orang. Seluruh santri PP. Darussalam turut bagian dan mendapatkan pendidikan mental dari organisasi ini, baik sebagai pengurus maupun sebagai anggota. Selama itu, organisasi ini juga membawahi organisasi yang ada di 8 Rayon, 35 konsulat, klub-klub olahraga, kesenian, bahasa, serta organisasi siswa lainnya.

Diantara kegiatan yang dilaksanakan OPPD adalah Sebagai berikut:

Kegiatan Penutupan Aktivitas OPPD

Sebagai evaluasi atas kinerja tiap bagian OPPD dan kretivitas anggota OPPD selama beberapa bulan kepengurusan , Maka setiap menjelang ujian pertengahan tahun dan akhir tahun , OPPD mengelar acara selama satu pekan yang diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan dari tiap-tiap bagian yang dilangsungkan antar kelas dan Rayon. Acara penutupan Aktivitas OPPD, meliputi berbagai kegiatan perlombaan dibidang seni, keterampilan, Olahraga, ilmiah, dan sebagai acara puncaknya diadakan pentas seni.

 

Musyawarah Kerja (MUKER) OPPD

Acara rutin tahunan ini bertujuan agar administrasi dan pelaksanaan kegiatan didalam Organisasi menjadi rapi, terarah, dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Materi MUKER meliputi evaluasi program kerja yang telah ada, laporan hasil usaha, dan program kerja serta usulan program baru untuk tiap-tiap bagian. Muker OPPD dilaksanakan selama 5 Hari mulai dari hari ahad 01 Maret 2015 M s/d hari Kamis 12 Maret 2015 M. Dalam rangka merumuskan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh seluruh santri dan santriah dimana seluruh kegiatan di pondok di rumuskan, serta dilaksanakan oleh santri atau dengan kata lani dari santri, oleh santri, dan untuk santri. Dan dalam pelaksanaannya di bagi menjadi tiga siding, yaitu sidang PLENO, sidang KOMISI dan sidang PARIPURNA dengan mengambil waktu siang sore dan malam hari

 

OPPD PUTRI

Saat ini OPPD putri mempunyai 17 bagian dengan jumlah pengurus 35 orang. Seluruh santriah PP Darussalam turut ambil bagian dan mendapatkan pendidikan mental dari organisasi ini, baik sebagai pengurus maupun sebagai anggota. Selain itu, organisasi ini juga membawahi organisasi yang ada di 4 rayon, 20, konsulat, klub-klub olahraga ,kesenian ,bahsasa 4 rayon, 20, konsulat, klub-klub olahraga ,kesenian ,bahsasa serta organisasi siswa lainnya.

 

Diantara kegiatan yang dilaksanakan oleh OPPD adalah sebagai berikut:

The Best Orator

The Best Orator adalah perlombaan mencari orator terbaik dari semua orator yang biasa tampil di kelompok muhadloroh masing-masing. The Best Orator ini tidaklah memilih orator tebaik dari masing-masing bahasa, melainkan memilih orator terbaik dari semua bahasa, sehingga terlihat dimana kualitas terbaik santriah dalam berpidato. Adapun pemenang The Best Orator yang di selenggarakan pada hari Selasa, 02 Desember 2014 M adalah:

  • Juara 1 : Amila Hasna (bhs. Inggris)
  • Juara 2 : Ikrima (bhs. Arab)
  • Juara 3 : Rana (bhs. Indonesia)

Queen of Language (Ratu Bahasa)

Queen of Language atau dalam bahasa Arab (???? ?????) ini adalah perlombaan yang di ikuti oleh santriah Pondok Pesantren Darussalam. Queen of Language ini sama dengan Miss Universe, akan tetapi perlombaan ini menuntut peserta untuk menguasai bahasa Arab dan Inggris. Karena ketika juri melontarkan pertanyaan mereka harus menjawabnya dengan berbahasa Arab dan Inggris.

Ketika peserta di atas panggung, juri akan memintanya untuk poetry reading, story telling, singing, listening skill, dan lain-lain. Ini semua bertujuan untuk lebih memperluas wawasan, menambah pengetahuan, dan meningkatkan kualitas bahasa Arab dan Inggris santriah.

Pada tahun ini pemenang Queen of Language Darussalam yang diselenggarakan pada hari Ahad, 25 januari 2015 M ialah Nadiah Nurfadlilah.

 

ADD (Audisi Da’iah Darussalam)

ADD adalah kegiatan OPPD di Bagian Pengajaran untuk menyeleksi santriyah menjadi da’iah Darussalam. Adapun peserta yang mengikuti ADD ini adalah peserta terbaik yang diutus dari kelompok muhadloroh masing-masing. Masing-masing kelompok mengirimkan 3 da’iah untuk berlomba dengan bahasa yang berbeda, yaitu bahasa Arab, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Adapun pemenang ADD yang diselenggarakan pada hari Selasa, 03 Februari 2015 ini adalah: Della Agnia (bhs. Indonesia), Nabila Firda Yasmin (bhs. Inggris), Hani Hanifah (bhs. Arab).

 

Kegiatan penutupan aktivitas OPPD

Sebagai evaluasi atas kinerja tiap bagian OPPD dan kreativitas anggota OPPD selama beberapa bulan kepengurusan, maka setiap menjelang ujian pertengahan tahun dan ujian akhir tahun, OPPD mengadakan acara selama satu pekan yang diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan yang dilangsungkan antar kelas atau antar rayon.

Acara penutupan aktivitas OPPD ini meliputi berbagai kegiatan perlombaan di bidang seni, keterampilan, olahraga, ilmiah, dan sebagai acara puncaknya diadakan pentas seni.

 

Laporan pertanggung jawaban dan serah terima amanat

Sebelum mengakhiri masa kerjanya, maka pengurus OPPD wajib melaporkan dan mempertanggung jawabkan semua hasil kerja sebagai implementasi dari progam kerja yang telah disusun di awal kepengurusan.

Laporan Pertanggung jawaban ini disampaikan dihadapan seluruh santriah, guru-guru dan pimpinan pondok. Laporan kegiatan OPPD secara keseluruhan memakan waktu selama satu pekan. usai laporan pertanggung jawaban masing-masing bagian, diadakan laporan umum ketua OPPD lama yang dilanjutkan dengan serah terima amanat dari pengurus lama kepada pengurus baru.pada periode 2014-2015 ini yang terpilih sebagai ketua dan wakil ketua OPPD Putri adalah saudari Mia Maryam Sarah dan saudari Atika Izza. Kegiatan pelantikan pengurus baru dan serah terima amanat dilaksanakan pada Hari Jum`at, 6 Februari 2015.

 

Musyawarah Kerja (MUKER)

Acara rutin tahunan ini bertujuan agar administrasi dan pelaksanaan kegiatan di dalam Organisasi menjadi rapi, terarah, dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Materi MUKER meliputi evaluasi program kerja yang telah ada, laporan hasil usaha, dan program kerja serta usulan baru untuk program kerja tiap-tiap bagian.

Muker OPPD dilaksanakan selama setahun sekali, dalam rangka merumuskan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan oleh seluruh santriah, dimana seluruh kegiatan di pindok dirumuskan, serta dilaksanakan oleh seluruh santriah.

Dan dalam pelaksanaannya dibagi menjadi tiga sidang, yaitu sidang pleno, komisi, dan paripurna dengan mengambil waktu siang, sore, dan malam hari.

 

Darussalam Got Talent

Darussalam Got Talent merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Bagian Keputrian (Art and Skill Section), yang diselenggarakan tepatnya pada hari Ahad, 19 April 2015. Acara ini bertujuan untuk mendorong santriah untuk dapat menjadi multi talent dan mempertahankan sifat utama seorang santriah yaitu: “Feminim”. Penilaian dalam lomba ini dilihat dalam berbagai segi, diantaranya: Pengetahuan umum & Agama khususnya tentang kewanitaan, Seni keputrian, Ke-feminiman dan bakat yang dimiliki.

Adapun pemenang “Darussalam Got Talent” tahun 2015 ialah: Fitri Adianti (IV TMI), Nurlaela (II TMI), dan Asla Luthfiana (II TMI)

 

Poetry Reading (Lomba Membaca Puisi)

Pada hari Minggu, 12 April 2015 diselenggarakan acara Poetry Reading oleh Bagian Perpustakaan, yang bertujuan untuk mengembangkan bakat santriah dalam seni sastra. Adapun lomba baca puisi tahun ini dimenangkan oleh: Hasni Sa’diah (I Int TMI), Indraswari (II TMI), dan Ikrima Aulia (II TMI).