MDT “Al-Wadul Muqoddas

Sekilas mengenai Mdt. Alwadul Muqoddas

Madrasah Diniyah Al-Wadul Muqoddas merupakan Salah satu lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Darussalam.

Berdiri sejak tahun 1969, berlokasi dikampung Sindangsari desa/kec.kersamanah Kabupaten Garut, saat ini keberadaannya menjadi harapan satu-satunya masyarakat sekitar pondok sebagai lembaga pendidikan Islam yang bisa mendidik dan meningkatkan taraf pendidikan Agama mereka, terutama bagi anak-anak usia SD sampai dengan SLTP.

Status dan Pengakuan

Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Wadul Muqoddas Pondok Pesantren Darussalam secara resmi mendapat pengakuan dan izin operasional dari Departemen Agama Kabupaten Garut berdasarkan keputusan Kepala Kemenag Kantor kabupaten Garut nomor: Kd.10.5/5/1/PP.00.8/0971/2009 tertanggal 30 Juli 2009 dengan nomor statistik Madrasah: 311232050971.

Dengan status dan pengakuan tersebut dengan sah memiliki kekuatan hukum untuk menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran agama, meskipun sampai saat ini belum mendapat banyak perhatian pemerintah.

Tingkatan Pendidikan dan Proses KBM

MDT Al Wadul Muqoddas Putra untuk periode 2014-2015 M, yang menjadi kepala sekolah adalah M. Taufiq Firdaus dan Nandang Fahru Rozi. Sedangkan untuk MDT Al Wadul Muqoddas Putri pada periode 2014-2015 ini terpilih sebagai kepala sekolah adalah Ittaqillah Nailurrahmah dan Atika Izza Kurniasih

Adapun jumlah tenaga guru di Madrasah Diniyyah Al-wadul Muqoddas putra berjumlah 20 orang, dan putri berjumlah 23 orang. Sedangkan jumlah siswa dan siswi dapat dilihat dalam table sebagai berikut:

Berikut daftar siswa-siswi MDT Al Wadul Muqoddas dalam tabel:

Putra:

NO KELAS SEMESTER 1 SEMESTER 2
1 I 9 4
2 II 6 6
3 III 4 3
4 IV 7 5
TOTAL 26 18

 

Putri:

NO KELAS SEMESTER 1 SEMESTER 2
1 I 14 16
2 II 10 8
3 III 10 6
4 IV 8 8
5 V 4 3
6 VI 2 1
7 VII 2 2
TOTAL 50 42

Aktivitas Siswa – Siswi

Selain aktivitas KBM di kelas, para siswa-siswi Madrasah juga diberikan kepada mereka kegiatan tambahan berupa kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan setiap hari rabu untuk putra dan sabtu untuk putri.

Dalam rangka meningkatkan kualitas siswa-siswi Madrasah Diniyah Al-Wadul Muqoddas, maka dilaksanakan beragam aktivitas yang tercakup kedalam beragam aktivitas harian, mingguan, bulanan dan tahunan.

Aktivitas Harian

Diantara aktivitas harian adalah pembuatan `idad (persiapan mengajar), control disiplin masuk masuk kelas dan KBM oleh petugas control dan pengasuh madrasah.Dan dari tahun ke tahun Pembina Madrasah terus berusaha meningkatkan kualitas dan intensitasnya.

Aktivitas Mingguan

Adapun kegiatan mingguan adalah kumpulan guru-guru madrasah yang diadakan setiap hari selasa, pukul 13.30 Wib di Putra dan hari Minggu di Pondok Putri.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi proses KBM Madrasah Diniyah selama satu minggu berkenaan dengan absensi siswa – siswi. Selain itu kegiatan mingguan lainnya adalah kegiatan kepramukaan yang diadakan setiap hari rabu untuk putra dan sabtu untuk putri.

 Aktivitas Tengah Tahunan

Kegiatan yang dilaksanakan tengah tahunan antara lain ujian pertengahan dan akhir tahun yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu ujian syafahi dan ujian tahriri yang selanjutnya dilaksanakan pembagian raport.

Aktivitas Tahunan

Diantara aktivitas tahunan madarasah diniyah adalah kegiatan beragam perlombaan yang diselenggarakan dalam rangka mengisi acara HUT kemerdekaan RI, tanggal 17 Agustus, Pesta Siaga dan Pentas seni dalam rangka ikut berpartisipasi mengisi kegiatan pekan perkenalan Khutbatul `Arsy di Pondok Pesantren Darussalam (red).