Kepramukaan

Kegiatan kepramukaan di pondok pesantren Darussalam merupakan sarana pendidikan mental dan kepribadian bagi seluruh santri dan santriah, melihat pentingnya pendidikan tersebut, maka kegiatan kepramukaan masih tetap eksis hingga kini seiring dengan perkembangan zaman, bahkan kepramukaan terus berkembang dalam berbagai bidang untuk mencetak generasi yang cerdas dan tangkas serta mempunyai kreasi dan imajinasi yang tinggi.

A. KEGIATAN ANGGOTA DEWASA
Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD)

Perfotoan Pengurus Gugus Depan Putra PP. Darussalam

Perfotoan Pengurus Gugus Depan Putra PP. Darussalam

Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Insani (SDI) di bidang kepramukaan, Gerakan Pramuka Koordinator Gugusdepan Pondok Pesantren Darussalam selalu berupaya mempersiapkan kader pembina untuk mencapai kemajuan Kepramukaan.
Salah satu upaya tersebut adalah dengan menjalin kerjasama antara Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklatcab) Garut dalam menyelenggarakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) yang pada Tahun 2014 adalah merupakan kali kedua belas penyelanggaraannya.
KMD XII Tahun 2014 dilaksanakan pada tanggal 03 sd 08 November 2014, diikuti oleh 214 orang peserta yang berasal dari Gugusdepan Pondok Pesantren Darussalam Sebagai tuan rumah dan pondok pesantren alumni lainnya serta yang datang dari sekolah umum.

Sedangkan Pelatih dalam KMD XII ini adalah pelatih Pusdiklatcab Garut yang berdomisili di Pondok Pesantren Darussalam.
KMD XII tahun 2014 dibuka oleh Perwakilan Kwarda Kak.Dra.Hj.Sri Nurhayati,M.SI,LT pada hari Sabtu 03 Oktober tahun 2014 dan dihadiri oleh seluruh anggota pramuka putra dan putri,Guru-Guru TMI, Pimpinan pondok serta unsur Muspika.

B. KEGIATAN PESERTA DIDIK
pramuka darussalam di gontorLomba Perkemahan Khutbatul ‘Arsy (LPKA) 2014
Sudah merupakan sunnah Pondok sekaligus program tahunan Gerakan Pramuka Koordinator Gugusdepan Pondok Pesantren Darussalam. Perkemahan yang dilaksanakan di kampus Pondok Pesantren Darussalam Selama dua hari dinamakan Lomba Perkemahan Khutbatul ‘Arsy (LPKA), merupakan rangkaian kegiatan Pekan Perkemahan Khutbatul ‘Arsy, sebagai sarana pengenalan berbagai aktifitas pondok kepada santri dan santriah baru dan sarana menggali prestasi di bidang kepramukaan.
LPKA 2014 untuk santri putra dilaksanakan di Lapangan Satelit Desa Kersamanah Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut, sedangkan untuk putri dilaksanakan di Lapangan Putri. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 2 – 3 September 2014.
Jenis kegiatan dan lomba dalam kegiatan tersebut terdiri dari bidang keterampilan dan ketangkasan, kedisiplinan, kerohanian, serta kegiatan lain yang mana mengacu pada lomba yang akan dilaksanakan pada Lp3 di Pondok Modern Gontor Ponorogo
Disamping kegiatan lomba dilaksanakan juga beragam kegiatan non lomba antara lain: kegiatan keagamaan, kegiatan sosial, lingkungan hidup, patriotisme dan lain-lain.

Praktek Membina (PRAKBIN) 2015

Kegiatan Kepramukaan di Pondok Pesantren Darussalam Putri

Kegiatan Kepramukaan di Pondok Pesantren Darussalam Putri

Kegiatan ini merupakan sarana latihan membina peserta didik dengan cara mentransformasikan materi tertentu. Tentu saja memerlukan keterampilan khusus yaitu penguasaan materi dan metodelogi penyampaian sesuai materi yang disampaikan.
Prakbin merupakan program wajib bagi para Pramuka Penegak yang telah menyelesaikan ujian SKU tingkat laksana yang merupakan salah satu Syarat Wajib untuk mengikuti kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Dasar (KMD).
Prakbin tahun 2015 dilaksanakan dengan bimbingan dan arahan teknis serta metodelogi membina, yang diarahkan langsung oleh para Mabikoori, pelaksanaan praktikum untuk putra dimulai pada tanggal 20 s.d 25 April, dan putri pada tanggal 16 April s.d 19 April 2015. Kegiatan ini diikuti oleh kelas IV dan III int yang telah menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Golongan Penegak Laksana. Karena Prakbin juga Merupakan Salah Satu Syarat Mengikuti Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD).
Materi prakbin dikelompokan menjadi 4 bidang yaitu; Bidang pengetahuan Umum dan Kepramukaan, Bidang Ketangkasan, Bidang Teknik Kepramukaan dan Bidang Teknologi Tepat Guna (TTG)

Perkemahan Pramuka Pondok Pesantren se-Jawa Barat ke-II (P4-II)
Perkemahan Pramuka Pondok Pesantren ke-2 se-Jawa Barat dilaksanakan dengan tujuan menjalin persaudaraan (ukhuwwah islamiyyah) antar Pramuka yang berpangkalan di Pondok Pesantren yang diharapkan pula dapat membentuk suatu kekuatan dalam upaya meningkatkan kualitas pembinaan generasi muda untuk mencapai bangsa yang bermartabat dan menjunjung tinggi moral.
Kegiatan ini bisa terlaksana berkat Kerjasama Antara Forum Pramuka Pondok Pesantren yang berpusat di Pondok Pesantren Darussalam, dan kegiatan ini berlangsung selama 5 hari dimulai dari tanggal 18 s.d. 22 Mei 2014, yang bertempat di Mandala Kitri Scout Camp Cibodas-Cianjur.
Dalam kegiatan ini Koordinator Gudep Putra Pondok Pesantren Darussalam mengirimkan 85 orang andika pramuka Penggalang dan Penegak yang aktif dalam kegiatan kepramukaan di pondok dan 13 bindamping yang terdiri dari :
• 2 orang Pimpinan Kontingen
• 2 orang Bindamping kontingen,dan
• 9 orang Bindamping
Adapun 85 peserta andika itu terbagi menjadi:
• 4 Regu Penggalang
• 5 Sangga Penegak
PERKEMAHAN BAKTI VIII DAN PERKEMAHAN WIRAKARYA X

Kegiatan Perkemahan di Pondok Pesantren Darussalam Putra

Kegiatan Perkemahan di Pondok Pesantren Darussalam Putra

Salah satu kegiatan Perkemahan yang dilaksanakan oleh Gugusdepan Pondok Pesantren Darussalam menjelang akhir tahun pelajaran adalah Perkemahan Bhakti (PB) dan Perkemahan Wirakarya (PW).
Di tahun 2015, PB untuk pramuka Penggalang dilaksanakan untuk kali kedelapan sedangkan PW untuk Pramuka Penegak dilaksanakan kali kesepuluh.
PBG VIII dan PW X ini dilaksanakan dalam bentuk Perjusami (Perkemahan Jum’at, Sabtu, Minggu), yaitu pada tanggal 25-27 April 2015 bertempat di Lapangan Desa Jayamekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang untuk putra sedangkan untuk putri dilaksanakan di lapangan Sukamaju, Desa Sukamaju, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya. Di samping kegiatan inti tersebut, dalam PB dan PW tahun ini para peseta diberi kegiatan sebagai pengetahuan mereka di masyarakat yaitu penyuluhan pertanian pengelolaan pembuatan tahu.
Karena gugusdepan di Darussalam ada dua, maka setiap acara yang diselenggarakan kami lombakan sehingga persaingan menjadi lebih meningkat dan juga potensi anak menjadi lebih tergali.
Untuk tahun 2015 perkemahan Bakti VIII DAN Perkemahan Wirakarya X yang dilaksanakan Kelompok putra di Sumedang yang menjadi juara umum yang berasal dari garda tiga berpindah menjadi garda satu. Sedangkan perkemahan PB DAN PW yang dilaksanakan kelompok putri di Tasikmalaya yang menajadi juara umum adalah garda empat.

PERKEMAHAN PRAMUKA SANTRI NUSANTARA (PPSN) 2015
Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) adalah perkemahan yang dilaksanakan secara rutin setiap 3 (tiga) tahun sekali oleh Kementerian Agama Republik Indonesia bekerjasama dengan Kwartir Nasional .
Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, tahun 2015 ini Gerakan Pramuka Koordinator Gugusdepan Pondok Pesantren Darussalam Putra mewakili Kabupaten Garut dan bergabung dengan para peserta dari kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat untuk berpartisipasi dalam PPSN IV tahun 2015.
Kemah Santri ini berlangsung selama sepekan,yaitu pada tanggal 1 sampai 7 juni 2015 bertempat di Bumi Perkemahan Agrowisata Tambang Ulang Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan.
Kemah Santri Yang Ke-4 dan dilaksanakan di Pulau Borneo ini diikuti oleh seluruh kontingen Provinsi yang tersebar di nusantara dan berisi kegiatan-kegiatan keagamaan , silaturrahmi , kebersamaan,dan kegiatan prestasi sehingga dari kegiatan tersebut para peserta diharapkan dapat mempererat tali silaturrahmi antarsesama Pramuka Santri,memperluas wawasan dan keterampilan untuk dikembangkan di pesantrennya masing-masing.

C. KEGIATAN ORGANISASI
1. Pergantian Pengurus Koordinator Gugusdepan

Pergantian Pengurus Gugus Depan Putra PP. Darussalam Garut

Pergantian Pengurus Gugus Depan Putra PP. Darussalam Garut

Prinsip Pondok Pesantren Darussalam “Mau Dipimpin Dan Siap Memimpin “ serta “Patah tumbuh hilang berganti” adalah landasan organisasi kepengurusan Koordinator Gugusdepan Pramuka di Pondok Pesantren Darussalam dalam melaksanakan pergantian kepengurusan Gugusdepan tiap tahunnya.
Kegiatan ini bermaksud untuk memberi kesempatan kepada para santri dalam mengemban amanat sebagai pengurus Koordinator Gugusdepan, sehingga mereka mendapat pendidikan–pendidikan kepemimpinan secara praktek di lapangan.
Rangkaian kegiatan pergantian Pengurus Koordinator Gugusdepan Putra periode 2014-2015, dilaksanakan mulai tanggal 12 Januari sd 06 Februari 2015 yang diakhiri dengan pelantikan oleh Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam.
Sedangkan rangkaian kegiatan Pergantian Pengurus Koordinator Gugusdepan Putri periode 2015-2016 M, dilaksanakan mulai tanggal 06 Januari s.d 10 Februari 2015.
2. Rapat Kerja (RAKER) Pengurus Koordinator Gugusdepan
Untuk menyusun dan mengatur Program Kerja satu tahun kedepan Gerakan Pramuka Koordinator Gugusdepan melaksanakan Rapat Kerja (Raker). Untuk putra dilaksanakan selama 1 hari penuh yaitu pada tanggal 07 Maret 2015. Sedangkan untuk putri dilaksanakan pada hari Senin, 9 Maret 2015 s.d hari Rabu, 11 Maret 2015.
Setelah selesai semua rangkaian acara sidang, rapat ditutup dengan kegiatan pokok berupa laporan panitia dan sambutan dari Bapak Pimpinan Pondok Pesantren.
Raker koordinator Gugusdepan membahas Program kerja Pengurus yang menjadi ujung tombak dan penggerak semua aktifitas kepramukaan selama satu Masa Bhakti (Satu Tahun). Dengan Raker diharapkan setiap pengurus Koordinator Gugusdepan mampu melaksanakan segala tugas secara terencana sehingga tercapai kemajuan kepramukaan di Pondok Pesantren Darussalam.