IKASADA

Ikatan Alumni Santri Darussalam (IKASADA) sudah lama menjadi wadah perekat silaturrahmi antar alumni yang berkifrah di berbagai daerah. Pengurus pusat IKASADA terus berupaya merangkul seluruh lapisan alumni untuk berkontribusi memajukan almamater denganbermacam potensi yang dimiliki alumni.

 

Silaturrahmi Akbar Alumni Darussalam Jilid II

Pada tanggal 4-5 Syawwal 1435 kemarin, Ikasada mengadakan Silaturrahmi Akbar Alumni Jilid II. Dengan dihadiri kurang lebih 100 alumni dari berbagai angkatan acara berjalan meriah. Pada kesempatan ini pula diadakan musyawarah besar IKASADA yang menghasilkan dan menetapkan AD-ART IKASADA.

IKASADA Menjadi Pelaksana Sekaligus Sponsor Utama Milad ke-28

Di tahun ke tiga kepengurusan Ikasada yang dipimpin oleh Ust. H. Devi Muharrom Sholahuddin, Lc., MA. beserta jajaran kepengurusan yang lainnya, Ikasada senantiasa terus berinovasi dengan mengadakan berbagai rangkaian kegiatan yang psitif dan inovatif, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Ikasada menjadi pelaksana sekaligus sponsor utama dalam memeriahkan Milad Pondok Pesantren Darussalam yang ke- 28. Berbagai kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan Milad diantaranya:

Seminar dan Pelatihan Masyarakat Informasi

Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 16 November 2014 berkat kerjasama Ikasada dan Komunitas TIK Garut dalam rangka Milad PP. Darussalam yang ke-28. Narasumber dalam seminar dan pelatihan ini adalah Muhammad Rikza beserta team yang merupakan alumni Darussalam yang ikut aktif pada komunitas TIK Garut. peserta acara yang merupakan santri/ah Darussalam sangat antusias dalam mengikuti seminar ini. dengan adanya seminar dan pelatihan ini diharapkan santri Darussalam beserta alumninya menjadi masyarakat yang melek akan informasi.

Seminar Pelatihan dan Motivasi Menulis

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah wawasan santri tentang pendidikan menulis dan untuk memotifasi santri agar lebih meningkatkan keilmuannya, serta menuangkannya dalam bentuk tulisan. Kegiatan kali ini dilaksanakan pada tanggal 04 Desember 2014. Yang diisi oleh Senda Irawan (Penulis, Ghost Writer dan Pendiri FOCUS The Writing School) dan Irsan Asy’ari (Editor Quanta Elexmedia Komputindo) dengan tema: Let’s be a Writer; Menjadikan Tulisan Sebagai Sarana Dakwah, yang diikuti oleh Guru-guru dan Santri/ah Pondok Pesantren Darussalam.

Silaturahim Pondok Alumni dan Tabligh Akbar

Acara ini diselenggarakan pada tanggal 07 Desember 2014, dihadiri oleh santri/ah beserta Pimpinan Pondok Alumni, diantaranya PP. Fajrussalam Bogor, PP. Darussalam Padalarang, PP. Miftahussalam Banjar, PP. Darussalam Tasikmalaya, dan PP. Al-Mukhlis Banjaran. Satu persatu, Pimpinan masing-masing Pondok mengenalkan Pondoknya masing-masing serta menampilkan kelebihan dan kreatifitas para santrinya. Acara ini ditambah dengan kemeriahan Tabligh Akbar yang disampaikan oleh KH. Mukti Ali Abdul Ghani, Pimpinan PP. Fajrussalam Bogor, beliau membahas isu-isu kontemporer dan bahaya kristenisasi yang semakin merajalela. Pada kesempatan ini juga Pimpinan Pusat Ikasada mengadakan launching Forum Lembaga Pendidikan Alumni, Forum Ekonomi Alumni, dan Forum Da’i Alumni yang diharapkan dapat menampung potensi yang dimiliki oleh seluruh alumni Darussalam.

Bazar Murah dan Santunan Dhu’afa

Kegiatan ini merupakan kepedulian Ikasada terhadap masyarakat sekitar Pondok, Bazar Murah kali ini dimeriahkan oleh Alumni yang bergerak dalam bidang usaha, kegiatan ini berbarengan dengan silaturahim Pondok Alumni dan Tabligh Akbar serta kegiatan Santunan Dhuafa, yang bertujuan untuk membantu masyarakat sekitar yang kurang mampu, dan dananya berasal dari santri, Alumni dan Muhsinin yang menshodaqohkan sebagian hartanya.

Mudah-mudahan pada acara milad tahun depan dan acara-acara pondok lainnya, Ikasada berada di barisan depan dalam memberikan kontribusi kepada pondok.

PONDOK PESANTREN ALUMNI DARUSSALAM

Peran alumni di tengah- tengah masyarakat, kian hari kian nampak jelas.Hal itu tentu terlihat dengan banyaknya lembaga-lembaga Pendidikan pondok Pesantren dikelola oleh alumni atau lembaga yang meminta alumni TMI Darussalam untuk membantu mengajar dan menerapkan sistem TMI ala Darussalam. diantaranya:

Al-Mukhlis Banjaran

Pesantren ini dirintis oleh Ust. Mamat Ruhimat, S.Pd.I seorang alumnus TMI tahun 1995 yang secara khusus diminta oleh pihak Yayasan Al-Mukhlis untuk mendirikan pesantren dengan sistem TMI. Berkat mujahadah serta do’a Alhamdulillah pesantren ini terus berkembang secara menggembirakan.

­

Fajrussalam Bogor

Pondok Pesantren Fajrussalam didirikan pada tahun 2006 oleh Ust. H. Mukti Ali (Alumni 1994), dan pengelolaanya dibantu oleh beberapa alumni, di antaranya: Ust. H. Mukhlis Setiawan, S.Pd.I (alumnus 1999), Ust. Dede Budiman (alumnus 2001), Ust. Muhammad Ru’yat, S.Pd.I (alumnus 1999), dan Ust. Muslim Effendi (alumnus 2004)

 

Nabil Husein Samarinda

Alumni TMI yang berkiprah di Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren ini adalah Usth. Imas Sukmawati (alumnus 2001).

Yayasan Riyadul Muta`alimin – Sumedang

Alumni yang berkhidmat di yayasan ini adalah Ust.Deni Effendi dan Ust.Dede Sudiana serta Usth.Nurwendah.

Darussalam Padalarang

Alumni (TMI) Pondok Pesantren Darussalam yang berkhidmat di pesantren ini adalah Ust.Indra Sutisna (alumni 1997) sebagai pendidik , pengelola dan Pimpinan Pondok, dibantu beberapa alumni junior lainnya.

Al-Multazam Kuningan

Alumni yang masih mengabdikan dirinya untuk membantu di pesantren Al-Multazam ini adalah Ust. Enceng Nursyahid (alumni 2005).

Miftahussalam Banjar-Ciamis

Alumni yang merintis pondok ini dengan system TMI yang baru pada tahun 2007 ini dimulai adalah Ust. Dede Affandi, S.Pd.I dan Ust. Mamat Rahmat (alumnus 1999), dibantu beberapa guru pengabdian dari alumni 2014.

Yayasan Al-Ikhlas – Karawang

Alumni yang berkhidmat di yayasan ini adalah Ust. Ahmad Farid, Ust. Dika Pramana, Ust. Diki Setiadi dan Ust. Bibin Subian.

Waadus-Salam -Jambi

Di Pondok ini alumni yang berkhidmat adalah Ust.Ujang Sopyan beserta istri.

Pondok Modern Nurul Ihsan – Padang

Di Pondok Modern Nurul Ihsan yang berada di Luruh Panampung kota Bukittinggi Kabupaten Agam, Padang ini ada alumni yang berkiprahdisana yakni adalah Ust. Asep Muhammad Nurdin.

Sebenarnya masih banyak alumni yang berkiprah di lembaga-lembaga pendidikan baik madrasah, pondok pesantren, maupun sekolah umum yang tidak bisa disebutkan di sini. Mudah-mudahan mereka sebagai mundzirul qaum dapat bermanfaat bagi masyarakat luas