Darul-Muqoddas

Darul-Muqoddas merupakan tingkatan pendidikan yang ada dibawah Yayasan Islam Darussalam yang berdiri sejak tahun 1997 M. lembaga ini menampung anak-anak usia SD yang berdisiplin dan berasrama.

 

Siswa/siswi SD Terpadu Darul-Muqoddas kian hari kian bertambah, hal ini menunjukan bahwa minat orang tua terhadap pondok pesantren begitu antusias, khususnya mereka yang berada di kota-kota besar khawatir dengan kondisi lingkungan di sekitarnya, sehingga mereka memasukan anak-anaknya sejak dini di lingkungan pondok pesantren.

Sistem Pendidikan dan Pengajaran

Program pendidikan dan pengajaran untuk pagi hari di laksanan di sekolah dasar yang ada di sekitar pondok yaitu SDN Kersamanah V yang bertempat di kampung cijangkar, sepulangnya dari sekolah dasar mereka kembali ke asrama dan masuk madrasah di Darul-Muqoddas yang di bimbing langsung oleh Asatidz dan Asatidzah.

Tujuan

  1. Mendidik anak menjadi hafal Al-Qur’an
  2. Membimbing anak supaya menjadi berakhlaq dan generasi Qur’ani

Aktivitas Siswa/siswi SD Terpadu Darul-Muqoddas

Dalam rangka meningkatkan kualitas siswa/siswi SD terpadu Darul-Muqoddas, maka dilaksanakan beragam aktivitas diantaranya:

Kegiatan harian

Kegiatan harian yaitu masuk sekolah sdn kersamanah v, ibadah yaumiyah, shalat berjama’ah, belajar malam, cerdas cermat dan menghafal al-qur’an.

Kegiatan Mingguan

Kegiatan mingguan yaitu muhadastah setiap hari ahad pagi, muhadhoroh setiap hari rabu malam, dan kepramukaan setiap hari ahad

Kegiatan Tengah Tahunan

Kegiatan tengah tahunan di antaranya adalah ujian pertengahan tahun dan ujian akhir tahun yang dilaksanakan dengan dua tahapan yaitu ujian lisan dan ujian tulis dan study tour,

Kegiatan Tahunan

Kegiatan tahunan diantaranya perkemahan pesta siaga, khutbatul’arsy, try out di sdn kersamanah v dan ujian akhir kelas 6.