APEL TAHUNAN

Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy

AHAD, 11 DZULQO’DAH 1440 H/ 14 JULI 2019

بسم الله الرحمن الرحيم

الســلام عليكم ورحمة الله وبركاته

الحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْداً يُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِى مَزِيْدَهُ،

 يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ.

 أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ  وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ.

اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُ بِإِحْسَانِ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ, أَمَّا بَعْدُ.  

Bapak camat yang kami hormati, para alim ulama yang kami hormati,  bapak ketua badan wakaf yang kami hormati, tamu-tamu undangan dari aparat pemerintahan dan aparat TNI Polri yang kami hormati, serta hadirin sekalian maaf tidak dapat kami sebutkan satu persatu.   

Bapak-bapak guru, santri santriah yang kami cintai dan keluarga besar Pondok Pesantren Darussalam Kersamanah Garut yang berbahagia.

                Hari ini, kami pimpinan Pondok Pesantren Darussalam beserta para santri dan guru, ditambah para hadirin dan hadirat, para tamu yang datang pada pagi hari ini menyaksikan gerak langkah, sepak terjang perjuangan Pondok Pesantren Darussalam di masyarakat. Jumlah 2300 santri berada ditengah-tengah kita menempuh perjalanan hidup, menggapai ridho Ilahi. Betapa besarnya nikmat Allah untuk Pondok Pesantren Darussalam Kersamanah Garut, dan betapa agungnya nilai-nilai perjuangannya, suatu karunia yang tak ternilai dengan apapun, sekaligus amanat menuju ridho Allah SWT.

            Tidak mensyukuri kemajuan orang yang tidak pernah mengalami kemunduran atau kemandegan. Marilah kita semua berbuat, bekerja, berpikir, dan berdo’a siang dan malam, semaksimal mungkin, dengan vitalisasi tenaga, dengan fikiran, dengan hati, berbekal ilmu da akhlaq.

عُلُوْمٌ نَافِعَةٌ وَأَخْلاَقٌ كَرِيْمَةٌ

اِعْمَلُوْا فَوْقَ مَا عَمِلُوْا

Berbuatlah lebih dari para pendahulu, berbuat, berpacu menuju yang lebih baik.

            Rasa percaya diri kita, pada sistim pendidikan yang memadukan ide, gerak dan langkahnya mendapatkan simpati, kepercayaan dan pengakuan semua lapisan masyarakat, walaupun menghadapi halangan dan rintangan.

Anak-anaku sekalian, keluarga besar Pondok Pesantren Darussalam.

            Semua santri dan guru Pondok Pesantren Darussalam dan para alumni harus menghayati dengan benar isi Khutbatul ‘Arsy, yakni pidato tentang kebijakan-kebijakan pimpinan, program-program jangka pendek dan jangka panjangnya agar tidak berpikir individual, berpikir sektoral, hanya memikirkan urusannya sendiri, ini penyakit panca jiwa. Mereka-mereka yang sedemikian itu ujung-ujungnya mudah tercemar (terkontaminasi), mudah disusupi (terinfiltrasi) anasir-anasir yang merusak atau memalingkan. Memalingkan dari tugas-tugas sebagai pejuang, memalingkan tujuan pengabdian dan perjuangan. Disini adanya adalah “ give, give dan give” tidak ada kamus “Take” dipondok ini.

            Sejak berdirinya pondok ini sampai hari ini, hampir 33 tahun Pondok Pesantren Darussalam tetap menanamkan risalah keislaman, keilmuan, dan kemasyarakatan dengan panca jiwa:

  1. keikhlasan
  2. kesederhanaan
  3. Berdikari/ kemandirian
  4. Ukhuwah islamiyah
  5. Kebebasan

Meniti jalan, menapak bumi, menggapai dunia lillahi robbil ‘alamin.  Allahu Akbar 3x

            Alangkah beruntungnya para asatidz asatidzah da keluarga besar Pondok Pesatren Darussalam yang berkesempatan mengenyam kehidupan bersama, berada ditengah-tengah medan perjuangan, menjaga dan membela risalah yang mulia ini.

            Para santri santriah keluarga besar Pondok Pesantren Darussalam.

            Generasi pertama sudah banyak meninggalkan kita, hanya beberapa orang saja yang tinggal diatas bumi, esok hari, satu tahun, dua tahun, lima tahun, atau sepuluh tahun lebih kami-kami yang berstatus generasi pertama akan pindah ke sukabumi, balikpapan, atau kampung baru alias rohimakumullah. Kita do’akan yang telah meninggalkan kita semoga jasanya diterima Allah SWT dengan pahala yang setimpal, diampuni dosanya, mendapatkan tempat dibawah nikmat Allah dan rahmatullah. Hati-hati generasi kedua, wariskanlah nilai-nilai pondok, jangan hanya mewarisi institusinya saja, mewarisi lembaganya saja, bukan hanya mewarisi kursinya, tetapi mewarisi nilai-nilainya yang tidak boleh berubah.

            Camkanlah dan renungkanlah lima amanat pendiri Pondok Pesantren Darussalam, yang terangkum dalam Panca Amanat milad 4 Windu:

  1. Pondok ini maju karena memikirkan sesuatu yang menyentuh kepentingan Santri, buka kepentingan Kyai, Keluarga dan bukan pula kepentingan yayasan.
  2. Darussalam dibentuk untuk menjadi tempat berlatih kehidupan, sehingga apa yang dilihat, didengar, dikerjakan, dan dirasakan didesain untuk mendidik.
  3. Pondok maju karena berkah keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, kejujuran, kebersamaan dan pengorbanan.
  4. Jaga nilai-nilai dan prinsip-prinsip Pondok, amalkan dan tanamkan Panca Jiwa.
  5. Terus bergerak, jangan berhenti, dan jangan pernah berhenti. “Darussalam bergerak mencetak generasi penerus untuk kejayaan umat dan bangsa”

Ditahun 2019 ini, kita telah melangkah melaksanakan panca amanat tersebut, diantaranya hal yang menyentuh kepentingan santri. Diantaranya kita telah memiliki sebuah lapangan sepakbola yang kedepannya Insya Allah akan menjadi sebuah stadion “GELORA DARUSSALAM” (Allahu Akbar!) disamping itu, kita pun telah memperluas dan memiliki lokasi baru untuk pendirian kampusDARUSSALAM 2 dan PERGURUAN TINGGI DAEUSSALAM (Allahu Akbar!). begitupula di bidang pendidikan kualitas guru terus ditingkatkan, juga kualitas santri-santrinya dan sarana-sarana pendidikan yang sangat diperlukan terus kita tambah.

Tepatlah tema apel tahunan 2019:

“DARUSSALAM MENYIAPKAN GENERASI BERADAB UNTUK MENYATUKAN UMMAT DAN BANGSA”

Siapa orang yang beradab itu? siapa santri yang beradab itu?

  1. Orang yang memahami dan mengakui posisinya yang tepat dengan dirinya sendiri, dengan masyarakat, dan dengan komunitasnya.
  2. Memahami dan menyikapi dengan betul potensi-potensi fisik, intelektual dan spiritualnya.

Pendidikan dalam Islam pada intinya adalah proses penanaman adab dalam diri seorang muslim.

Tujuan dalam mencari ilmu adalah menanamkan nilai-nilai kebaikan atau nilai-nilai keadilan. Problem yang sekarang kita hadapi adalah loss off adab (hilangnya adab) pada ummat Islam. Solusinya adalah temukan dan terapkan adab dalam kehidupan ummat Islam melalui proses ta’dib atau pendidikan.

Maka pendidikan bukan sekedar pengajaran atau penambahan wawasan, tetapi lebih penting lagi pendidikan harus berdampak pada perubahan sikap dan perilaku. Sedangkan perilaku yang benar harus bersumber dari ilmu yang benar.

Ya Allah…

Lindungilah kami,

Lindungilah guru-guru dan murid-murid kami,

Lindungilah Keluarga Besar Pondok Pesantren Darussalam Kersamanah Garut,

Dengan taufiq dan hidayah Mu,

Dengan ilmu yang bermanfaat,

Dengan kekuatan lahir dan bathin,

Karunialah kami kesehatan, kekuatan, kesabaran, ketabahan, istiqomah mengembangkan pondok ini.

Bukakanlah jalan yang terbaik bagi kami, menuju ridho Mu Ya Allah.

Ya Allah…..

Ampunilah dosa kami, dosa orang tua – orang tua kami, dosa para syuhada’ pondok ini,

dan semua yang berjasa kepada pondok ini,

Tunjukkanlah kami jalan yang lurus.

Jauhkanlah dari riya’ dan takabbur

Tumbuhkanlah kekompakan dan kebersamaan kepada kami

اللّهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

اللّهُمَّ سَهِّلْ أُمُوْرَنَا وَيَسِّرْ أَعْمَالَنَا وحقق اعمالنا وثبت اقدامنا وبارك لنا.

اللهم اعن المسلمين لاعلاء كلمتك يا الله اللهم انفق انصار معاهدنا الي ما فيه صلاح الاسلام والمسلمين. وَحَقِّقْ آمَالَنَا وَقَوِّنَا وَثَبِّتْ أَقْداَمَنَا وَبَارِكْ لَنَا وَوَفِّقْنَا فِى كِفَاحِنَا وَجِهَادِناَ وَرِيَاسَتِناَ فِى هذَا الْمَعْهَد برحمتك وكرمك يا اكرم الاكرمين, اللهم اكرمنا ولا تهنا واتنا وتحرمنا وزدنا ولا تنقصنا وارضنا وارض عنا اللهم حبلنا من ازوجنا وذريتنا قرة اعين واجعلنا للمتقين اماما.

Jadikanlah kami generasi ini, generasi anak-anak kami selalu menyenangkan hati, menyenangkan pandangan, jadikanlah kami generasi-generasi anak kami dan seterusnya menjadi generasi imam, teladan, generasi perintis, imam pedoman bagi orang-orang yang bertakwa berani menyatakan kebenaran bukan hanya membenarkan kenyataan.

ربنا ا تنا في الدنيا حسنة وفي الاخرة حسنة وقنا عذاب النار

Allahu Akbar!   Allahu Akbar!   Allahu Akbar!

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Penyematan jenjang pendidikan oleh ketua Badan Wakaf KH. Abdullah Sa’id Baharmus, Lc