Lomba Perkemahan Khutbatul ‘Arsy

Lomba Perkemahan Khutbatul ‘Arsy atau yang disingkat LPKA merupakan agenda Tahunan Pondok Pesantren Darussalam yang dikoordinatori oleh Mabikori. LPKA ini dilaksanakan dalam rangka Khutbatul ‘Arsy atau yang sering kita dengar Pekan Perkenalan. Perkenalan kegiatan kepanduan khususnya dan seluruh kegiatan pondok pada umumnya, perkenalan Pesantren untuk Santri Baru, dan sebagai pelonco dan tajdid bagi santri lama.

Darussalam merupakan lembaga pendidikan pesantren yang menerapkan system modern, sehingga kegiatan kepanduan menjadi kegiatan wajib pada seluruh santri. Dalam sambutannya Ust. H. Asep Deni, M.Fil. menyatakan bahwa “ usia kepanduan di pondok pesantren Darussalam sama usianya dengan Darussalam itu sendiri “  ungkapan tersebut menandakan bahwa kegiatan kepramukaan sudah ada sejak pondok ini berdiri, walaupun dengan peralatan dan perlengkapan yang sederhana. Walaupun demikian hal tersebut tidak lantas menyurutkan semangat kepramukaan pada waktu itu.

Dalam sambutannya Ust. H. Asep Deni, M.Fil, pun menjelaskan kenapa di Pondok Pesantren Darussalam ada kegiatan kepramukaan?, beliau menjelaskan singkatnya; karena nilai-nilai yang ada dalam kegiatan kepramukaan memiliki nilai yang sama dengan nilai-nilai pondok pesantren Darussalam. Dasa Darma Pramuka memiliki kesamaan dengan Panca Jiwa Pondok Pesantren Darussalam. Dari mulai keikhlasan sehingga mampu bertanggung jawab.

Kegiatan kepramukaan di Darussalam dibagi kedalam beberapa Garda, pramuka putra terbagi kedalam empat garda yaitu; Garda satu, Garda Tiga, Garda Lima, dan Garda Tujuh. Dan Gerakan kepramukaan Putri  juga terbagi kedalam empat Garda; Garda Dua, Garda empat, Garda enam, Garda Delapan.

Selain dari pada itu kegiatan LPKA pada Tahun ini al-hamdulillah anggota siaga dapat ikut serta dalam memeriahkan acara perkemahan yang terdiri dari siaga Darul-Aitam, Siaga Darul-Muqoddas, dan siaga Diniah Al-Wadul Muqoddas. Kegiatan LPKA berlangsung dari hari Rabu dan Kamis yang bertepatan pada Tanggal 3-4 Juli 2019, yang berlokasi di Lapangan Sepak Bola Darussalam.

Adapun yang menjadi Juara 1 (satu) dalam kegiatan perlombaan Perkemahan Khutbatul ‘Arsy putra pada Tahun Ini adalah Garda Tujuh.

Penulis : Jezen Zainuddin Anwar, S.H.I